Berita

UKPBJ Pangkep adakan Sosialisasi SE Ka LKPP Nomor 30 Tahun 2020 kepada PPK lingkup PEMDA Pangkep

UKPBJ Pangkep adakan Sosialisasi SE Ka LKPP Nomor 30 Tahun 2020 kepada PPK lingkup PEMDA Pangkep

WEB.UKPBJ,PANGKAJENE,- Unit Kerja Pengadaan Barang Jasa(UKPBJ) Kabupaten Pangkajene dan Kepulaan adakan Sosialisasi Surat Edaran Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pengumuman RUP melalui Aplikasi SiRUP sebelum T.A.2021 berjalan, kepada Pejabat Pembuat Komitmen(PPK) lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan di ruang Pola Lantai 3 Kantor Bupati, kamis,17/12/2020.

Sosialisasi yang sedianya dibuka oleh Bupati Pangkep,namun karena ada kegiatan yang mendesak di Jakarta sehingga pembukaan diamanahkan kepada Kepala Bagian Pengadaan Barang jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan,Amril,S.Pi,MT.MA sekaligus memberikan pemaparan terkait Surat Edaran Kepala LKPP RI Nomor 30 Tahun 2020.

 

Acara dimulai dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ahmad Natsir,SE staf Pokja UKPBJ Pangkep kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kabag PBJ.

 “Sosialisasi ini kita kemas dalam bentuk diskusi terkait masalah – masalah atau kendala yang dihadapi PKK selama ini,kita lebih banyak sharing “ ujar Kabag.

Surat Edaran Kepala LKPP RI Nomor 30 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pengumuman RUP melalui Aplikasi SiRUP sebelum T.A.2021 berjalan yang berisi gambaran rata – rata belanja pengadaan barang/jasa pemerintah dalam periode 4(empat)tahun terakhir, tahun 2017-2020  yang tercatat dalam aplikasi SiRUP mencapai Rp.1.088 Trillium (seribuh delapan puluh delapan trilliun atau dengan proporsi rata-rata terhadap belanja pengadaan barang/jasa 79,1 persen,sisanya sebanyak 20,9 persen tidak diumumkan di aplikasi SiRUP.

Kabag PBJ melanjutkan pemaparannya dengan menjelasakan,maksud dan tujuan, dasar hukum,ruang lingkup, pelaksanaan RUP,langkah-lankah pengumuman RUP,serta langkah-langkah yang dilakukan oleh PKK sesuai dengan aturan yang ada.

Kemudian dilanjutkan dengan diskusi  dimulai dari PPK Dinas Penataan Ruang, Andi Aswin Sommeng,ST, yang menyampaikan pengalaman menjadi PPK serta kendala-kendala selama ini, khususnya terkait perubahan anggaran, pembentukan tim pendamping, kemudian dari PPK Dinas Pemuda dan Olah raga Adnan,S.Kom yang mempertanyakan terkait kegiatan yang tidak selesai sesuai dengan jadwal.

Kabag PBJ memberikan tanggapan terkait permasalahan yang dihadapi oleh PKK, kemudian meminta kepada Sekretaris Badan Pengelola Keuangan Daerah Asri,S.Sos,M.Si untuk meberikan penjelasan terkait anggaran. Kasubag PBJ Hidayat.ST selanjut memberikan penjelasan terkait pertanyaan yang diajukan oleh PKK  dengan merujuk kepada Peraturan Pengadaan Barang/Jasa yang ada.

Sebelum menutup kegiatan Kabag PBJ memberikan kesempatan kepada Kasubag LPSE Chaerul,M.Kom memberikan gambaran tentang LPSE dalam mendukung kegiatan PBJ T.A. 2021.

“Terkait integrasi SIPD dengan SiRUP untuk Tahun Anggaran 2021 sementara menunggu hasil penyesuaian oleh Tim IT LKPP dan Tim Kemendagri,namun jika ada OPD yang sudah akan memulai mengimput kegiatannya, silahkan diimput secara manual, kemudian untuk permohonan pembuatan Akun (user id dan password) bisa dilakukan secara online tidak mesti datang ke kantor UKPBJ, sudah disiapkan Portal Web UKPBJ, namun  yang masih ingin ke Kantor untuk mengajukan permohonan dipersilahkan, ini cuma alternative” ujar kasubag lpse.

Diakhir acara, Kabag PBJ memberikan apresiasi kepada rekan-rekan PPK yang hadir dikegiatan Sosialisasi.”Walaupun kegiatan ini dikemas dalam bentuk diskusi santai, tapi tidak mengurangi makna dan tujuan dari sosialisasi ini “.ujar Amril,S.Pi,MT,MA.(*)

 

 

 

Berita Beranda